Tuesday, May 20, 2014

Biografi Zacharias Janssen (1580-1638)




Zacharias Janssen Penemu Mikroskop

Zacharias Janssen umumnya diyakini penyidik ​​pertama yang menciptakan mikroskop majemuk. Namun, karena prestasi tersebut umumnya sepakat di antara sejarawan untuk tanggal di 1590-an , kebanyakan sarjana percaya bahwa ayahnya , Hans , harus telah memainkan peran penting dalam penciptaan instrumen . Pasangan ini bekerja sama sebagai pembuat tontonan di Middleburg , Belanda tidak jauh dari Hans Lippershey , ilmuwan optik lain yang sering alternatif dikreditkan dengan penemuan mikroskop .
Diplomat Belanda William Boreel adalah kenalan lama dari Zacharias Janssen , yang telah menulis kepadanya tentang perangkat dalam huruf . Boreel melihat mikroskop untuk dirinya sendiri , tetapi hanya tahun kemudian ketika itu sudah jatuh ke tangan teman keluarga lain , Cornelius Drebbel . Ketika dokter Raja Perancis publik mencari informasi tentang asal usul mikroskop selama 1650-an , Boreel menjawab, terkait informasi tentang Janssens dan menceritakan perangkat mereka telah diciptakan dan pengalamannya seputar penggunaannya .
Perangkat dibentuk oleh Janssens , dan dijelaskan oleh Boreel , naik secara vertikal dari tripod kuningan berbentuk seperti lumba-lumba dan hampir dua setengah meter. Tabung kuningan utama adalah hanya satu atau dua inci diameter dan mengadakan disc ebony pada bagian dasar dan lensa di setiap akhir . Namun, dalam sebuah museum Middleburg mikroskop lain menyandang nama Janssen , tetapi dari desain yang berbeda . Instrumen museum terdiri dari tiga tabung , dua di antaranya adalah drawtubes yang dapat meluncur ke tabung ketiga yang bertindak sebagai casing luar . Lensa di ujung masing-masing drawtube berfungsi sebagai pembesar elemen . Lensa terhubung ke lensa mata adalah bi - cembung dan yang melayani sebagai tujuannya adalah Plano-cembung . Mampu mencapai berbagai perbesaran antara tiga dan sembilan kali ukuran sebenarnya dari suatu objek , mikroskop rupanya dibangun untuk digunakan dengan tangan karena tidak memiliki mekanisme mounting .
Meskipun belum sempurna bila dibandingkan dengan model modern, mikroskop Janssen adalah kemajuan penting dari penggunaan kontemporer dari lensa tunggal untuk tujuan pembesaran . Dengan perkembangan lebih lanjut dalam mikroskop , dunia yang sebelumnya tidak diketahui dan tak terlihat adalah untuk menjadi mudah terlihat. Pada akhir abad ketujuh belas , Robert Hooke telah mempekerjakan versinya mikroskop senyawa untuk mengamati organisme , seperti fosil , diatom , dan bahkan sel-sel , dan Marcello Malpighi telah menemukan kapiler . Mikroskop cahaya senyawa modern mampu mengungkapkan lebih signifikan banyak keajaiban karena, dalam kondisi optimal , instrumen mampu rentang pembesaran antara 1000 dan 2000 ukuran sebenarnya kali spesimen .
Mikroskop Janssen

The Janssen Drawtube Microscope - Sebagaimana dibahas di atas , asal mikroskop optik adalah masalah perdebatan, tetapi kebanyakan ahli sepakat bahwa penemuan mikroskop senyawa dapat dikreditkan ke Zacharias Janssen pada akhir abad keenam belas . Pada saat itu kacamata mulai menikmati digunakan secara luas dan ini difokuskan banyak perhatian pada optik dan lensa . Mikroskop digambarkan dalam bagian ini dibangun oleh Zacharias Janssen , mungkin dengan bantuan ayahnya Hans , pada tahun 1595.


Sourced From : Micro Magnet Education

0 comments:

Post a Comment